Kamis, 14 April 2016

Studi Kasus PT. Sinar Sosro

Kata Pengantar

    Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pt.Sosro.

    Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
    
    Terlepas dari semua itu, Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karna itu kami menerima semua kritik dan saran agar makalah ini dapat diperbaiki semaksimal mungkin.

    Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan dan juga dapat memberikan inspirasi untuk pembaca.
    




                                                                                      Jakarta,  13 April 2016



    
                                                                                     Penyusun,  Prasetyo Utomo
                       







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Manfaat dan Tujuan Makalah.

BAB II PEMBAHASAN
2.1.Sejarah Perusahaan
2.2 Jenis Produk
2.3 Strategi Pemasaran
2.4 Tanaman yang di tanam PT. Sinar Sosro
2.5 Penghargaan yang diraih PT.Sinar Sosro

BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA










 BAB I PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

            PT. Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh yang siap minum pertama di Indonesia yang dikemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas.
Persaingan yang begitu ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran. Berdasarkan data PT. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam kemasan botol yang beredar di Indonesia, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Joy Tea, TEBS, S-tee, Fres Tea, Tekita  . Selain itu, ada produk pendamping lainnya yaitu Happy Jus dan Air Minum Mineral Prim-A.
Sosro melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh meminum teh dalam kemasan botol dan dengan disajikan dingin. Karena pada awal kemunculan produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk meminum teh yang disajikan panas. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan sosro membuahkan hasil baik, sehingga sosro di kenal sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran. Dalam perkembanganya untuk bersaing dengan kompetitor sosro mulai melakukan kampanye bahwa  dengan mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat, karena teh mengandung anti oksidan hal ini menambah keunggulan kompetitif dari sosro.










1.2  Tujuan dan Manfaat makalah

Tujuan :
Untuk mengetahui sejarah Perusahaan
Untuk mengetahui ragam jenis produk PT. Sinar Sosro
Untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam perusahaan Sosro
Untuk mengetahui tanaman apa saja yang di tanam di Pt.Sinar Sosro
Mengetahui penghargaan yang di raih Pt.Sinar Sosro

Manfaat nya :
Mengetahui produk andalan dari PT.sinar sosro
Mengetahui manfaat isi dari tanaman yang di tanam Pt.Sinar Sosro
Mengetahui apa saja yang telah di raih Pt.Sinar Sosro
Mengetahui cara pemasaraan dari Pt.Sinar Sosro
Mengetahui sejarah dari Pt.Sinar sosro







BAB II PEMBAHASAN


2.1 Sejarah PT. Sinar Sosro

Lahirnya Teh botol Sosro

Keluarga Sosrodjojo memulai bisnisnya pada tahun 1940 di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh merek “Teh Cap Botol”.
Tahun 1965, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke Jakarta dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di Jakarta.
Awalnya, datang ke pasar-pasar dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Setelah siap, seduhan teh tersebut langsung dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Namun cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.
Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa kepasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa tumpah selama perjalanan dari kantor ke pasar karena pada saat tersebut jalanan di Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.

Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh dan dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya.
Tahun 1969, diputuskan untukmenjual minuman tehdalam kemasan botol secara massal dengan nama Tehbotol Sosro. Nama “Tehbotol” diambil dari tehseduh merek ”TehCap Botol”, yang saat itu sudah mulai terkenal di Jakarta dan ”Sosro” dari nama keluarga pendirinya yakni ”Sosrodjojo”








2.2 Jenis Produk

-Tehbotol Sosro
Produk unggulan PT. Sinar Sosro adalah Tehbotol Sosro kemasan botol beling atau sering disebut RGB ( Returnable Glass Bottle) merupakan produk Teh siap minum yang pertama di Indonesia dan di Dunia yang sudah diluncurkan sejak tahun 1969.
 Untuk memenuhi kebutuhan pecintanya dimanapun berada, Tehbotol Sosro dengan inovasinya sampai dengan tahun 2015 ini telah memiliki banyak pilihan kemasan produk  yaitu :

1.       Kemasan botol beling, volume 220 ml
2.       Kemasan kotak (Tetra Pak), volume 200 ml, 250 ml
3.       Kemasan botol plastik PET 450 ml dan 350 ml
4.       Kemasan pouch 230 m


-Fruit Tea Sosro
Dengan bertujuan untuk pengembangan produk, maka PT. Sinar Sosro pada tahun 1997 mengeluarkan produk minuman Teh dengan aneka rasa buah yaitu Fruit Tea Sosro dengan target segmen Remaja.

Fruit Tea Sosro dengan tagline “Banyak Sensasinya” hadir dalam berbagai rasa seperti :
 1.       Apel
2.       Blackcurrant
3.       Stroberi
4.       Jambu Klutuk
5.       Freeze (perpaduan rasa stroberi dan anggur sensasi dingin)
6.       Extreme (perpaduan rasa apel dan blackcurrant)




Fruit Tea Sosro hadir dalam berbagai jenis kemasan yaitu :

1.       Kemasan botol beling, volume 235 ml
2.       Kemasan genggam (Tetra Pak), volume 200 ml
3.       Kemasan kaleng (Can), volume 318 ml
4.       Kemasan botol plastic PET, volume 500 ml dan 350 ml
5.       Kemasan pouch, volume 230 ml

-S Tee
Pada tahun 90-an, untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap produk teh dengan volume yang lebih banyak dan harga lebih terjangkau, maka PT. Sinar Sosro meluncurkan produk teh siap minum dalam kemasan botol beling dengan merk S-tee dengan volume 318 ml.

Dalam perkembangannya, sampai dengan tahun 2015 ini, S-Tee hadir dalam berbagai kemasan yaitu :

1.       Kemasan botol beling, volume 318 ml dan 234 ml
2.       Kemasan kotak (Tetra Pak), volume 330 ml
3.       Kemasan botol plastik PET 500 ml dan 350 ml

Berbagai kemasan S-Tee tersebut, tidak seluruhnya dipasarkan di seluruh kota di Indonesia, cakupan distribusi masing-masing kemasan berbeda-beda. Khusus untuk S-Tee kemasan botol plastic PET 500 ml hanya bisa didapatkan di seluruh modern outlet seluruh Indonesia.

Country Choice
PT. Sinar Sosro juga menghadirkan produk dalam kategori Jus pada akhir tahun 2008 dengan merek Country Choice.
Country Choice merupakan minuman real jus kaya manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, dengan cara yang praktis dan hemat.
Country Choice hadir dalam kemasan kotak ( Tetra Pak) yaitu volume 250 ml dan 1 Liter
Country Choice tersedia dengan varian rasa dimana masing-masing rasa memiliki “added nutrition value” yang khas.

-Happy Jus
Untuk kategori minuman Jus untuk segmen anak-anak, PT. Sinar Sosro menghadirkan produk Happy Jus yang keluarkan pada awal tahun 2005.
Happy Jus hadir dalam kemasan genggam (Tetra Pak), volume 200 ml, tersedia dalam rasa Apel, Jeruk, Anggur, Cherry B, Apple Berry.
Happy Jus kaya akan vitamin A, C, E dan Kalsium (kandungan yang paling banyak diantara produk minuman Jus anak lainnya) dengan rasa yang enak dan variasi buah yang unik membuat Happy Jus disukai oleh anak-anak.

-TEBS
PT. Sinar Sosro berinovasi lagi dengan mengembangkan minuman teh berkarbonasi dengan merk TEBS yang di keluarkan pada tahun 2004.

Keunggulan TEBS dibanding dengan minuman bersoda lainnya adalah TEBS berbahan baku Ekstrak Teh, Ekstrak Rosella serta Konsentrat Sari Buah. Dimana masing-masing- bahan baku tersebut mempunya manfaat untuk tubuh.

TEBS Regular diproduksi dengan bahan baku yaitu Ekstrak Teh Hitam dicampur dengan konsentrat buah. Sedangkan TEBS Maroon yang dikeluarkan pada tahun 2011 berbahan baku Teh Hitam dengan Ekstrak Bunga Rosella.

TEBS hadir dalam berbagai kemasan yaitu : 

1.       Kemasan botol beling, volume 230 ml
2.       Kemasan kaleng ( Can), volume 330 ml
3.       Kemasan botol plastic PET, volume 500 ml

Untuk kamu yang ingin menikmati TEBS MAROON hanya ada di kemasan 500 ml saja.




-Air Mineral Prim-a
Pada tahun 90-an, PT. Sinar Sosro memproduksi kategori air minum dalam kemasan yaitu dengan merk Prim-a.

Pada saat pertama kali dikeluarkan merknya yaitu Air Sosro. Pada tahun 1999, Air Sosro berganti nama menjadi Prim-a.

Prim-a  hadir dalam berbagai kemasan yaitu :

1.       Kemasan cup, volume 240 ml
2.       Kemasan botol, volume 330, 600, 1500 ml
3.       Kemasan gallon, volume 19 Liter



-Creso
Tahun 2014, PT. Sinar Sosro mengeluarkan kembali produk kategori Soda atau biasa disebut Carbonated Soft Drink dengan Merek Creso.
Creso adalah Minuman Soda dengan rasa “UNIK” yang menyegarkan, memberikan kesegaran yang berbeda untuk anak muda yang tetap optimis dalam keseharian.
Creso hadir dalam 3 varian rasa yaitu :

1.       Kopi
2.       Sarsaparila
3.       Kelapa
 Dalam kemasan botol plastic PET 400 ml.



  
-Teh Freso

Tahun 2014, PT. Sinar Sosro mengeluarkan produk minuman teh dalam kemasan gelas dengan merek Teh Freso.

Teh Freso dalam kemasan Cup 240 ml.

Minuman teh beraroma melati ini dipasarkan di beberapa wilayah sub urban di Jawa dan Bali.

Teh Freso, minuman berbahan dasar teh yang alami dan menyegarkan, dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga di momen kebersamaan.





2.3 Strategi Pemasaran

MARKET DRIVEN STRATEGY SOSRO

Dasar pemikiran utama yang penting dalam market driven strategy adalah menjadikan pasar dan konsumen sebagai titik awal dalam memformulasikan strategi.

PT. Sinar Sosro pada awalnya memperkenalkan minuman siap saji dalam kemasan botol, Sosro memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan . Sosro memandang bahwa ketika orang sedang melakukan perjalanan dan ia kehausan pasti membutuhkan sebuah penghilang dahaga yang praktis dan mudah di dapat, berangkat dari pengalaman ketika melakukan promo, tempat yang praktis dan aman untuk digunakan sebagai wadah teh adalah botol.

Sosro juga memiliki keunggulan dan keunikan dalam pemasaran. sebelum sosro hadir, ada sebuah perusahaan asing yang ingin mengeluarkan produk teh dalam botol sepert i yang dilakukan sosro saat ini. Kala itu sang perusahaan menyewa jasa sebuah biro riset pemasaran untuk menguji kelayakan dan prospek produk tersebut di Indonesia. Setelah meneliti dan mengamati kebiasaan minum teh di masyarakat sang biro pun menyimpulkan bahwa produk ini tidak memiliki prospek bagus untuk dipasarkan di Indonesia. Biro itu beralasan bahwa budaya minum teh pada bangsa Indonesia umumnya dilakukan pagi hari dalam cangkir dan disajikan hangat sehingga kehadiran teh dalam kemasan botol justru akan dianggap sebuah keanehan.

Sosrodjojo, pendiri perusahaan sosro, justru berpikir sebaliknya. Awalnya ide kemasan botol berasal dari pengalaman tes cicip (on place test) di pasar-pasar tradisional terhadap teh tubruk cap botol. Pada demonstrasi pertama teh langsung diseduh di tempat dan disajikan pada calon konsumen yang menyaksikan. Namun cara tersebut memakan waktu lama sehingga calon konsumen cenderung meninggalkan tempat. Kemudian pada uji berikutnya teh telah diseduh dari pabrik dan kemudian dimasukkan ke dalam tong-tong dan dibawa dengan mobil. Akan tetapu cara ini ternyata membuat banyak teh tumpah selama perjalanan karena saat itu struktur jalan belum sebaik sekarang. Akhirnya sosro mencoba untuk memasukkannya pada kemasan-kemasan botol limun agar mudah dibawa. Berangkat dari itu merekaberpikir bahwa penggunaan kemasan botol adalah alternatif yang paling praktis dalam menghadirkan kenikmatan teh lansung ke konsumen.

Dari awal produk ini ditargetkan untuk konsumen yang sering melakukan perjalanan seperti supir dan pejalan kaki sosro . Sosro menyadari bahwa segmen konsumen ini memiliki keinginan hadirnya minuman yang dapat menghilangkan dahaga di tengah kelelahan dan kondisi panas selama perjalanan. Atribut kepuasan ini dicoba untuk dipenuhi dengan menghadirkan minuman teh dalam kemasan botol yang praktis dan tersedia di kios-kios sepanjang jalan. Untuk menambah nilai kepuasan teh botol ini disajikan dingin dengan menyediakan boks-boks es pada titik-titik penjualannya (penggunaan kulkas pada saat itu belum lazim).

SOSRO selalu menjaga kualitas produknya dan selalu menjaga ketersediaan produknya dipasaran, Bahan bakunya pun dari teh yang berkualitas pilihan, karena sosro memiliki perkebunan teh sendiri. Semenjak diluncurkan pada tahun 1970, produk teh botol sosro baik rasa, kemasan logo maupun penampilan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan ketika perusahaan multinational Pepsi dan Coca cola masuk melalui produk teh Tekita dan Frestea, Sosro tetap tak bergeming. Alih-alih merubah produknya, dengan cerdas sosro justru melakukan counter branding dengan mengeluarkan produk S-tee dengan volume yang lebih besar. Strategi ini ternyata lebih tepat, kedua perusahaan multinasional itu pun tak berhasil berbuat banyak untuk merebut hati konsumen Indonesia.

Strategi pemasaran meliputi Segmentasi Produk, targeting, positioning

1.Segmentasi Produk

PT. Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai macam produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh siap minum pertama di Indonesia yang di kemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas.

Persaingan yang begitu ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran. Berdasarkan data pada PT. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam kemasan botol yang beredar di Indonesia, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, TEBS, S-tee, Frestea, Tekita.

PT. Sinar Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai saingan produk minuman ringan yang tidak hanya dari pesaing lokal, namun juga pesaing asing. Persaingan berbagai merek teh dalam kemasan botol membuat perusahaan lebih berhati – hati dalam merancang strategi pemasarannya.

Perusahaan akan berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai memiliki citra baik dalam benak konsumen. Terciptanya citra baik dalam benak konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa manfaat.

Keberhasilan Sosro tidak lepas dari brand “teh botol” yang didapatkannya, persis seperti aqua menjadi brand pada air putih. Berikutnya Sosro semakin kuat karena jaringan distribusi Teh Botol yang sangat kuat sampai di titik akhir pelosok. Persis seperti Aqua dengan air putihnya, pemain lain terlambat masuk di segmen teh dalam botol, karena menganggap lalu ide air teh masuk dalam botol.

Yang masih kurang dari Teh Botol adalah upaya – upaya mempertahankan image secara above the line. Upaya iklan di media massa, event, maupun promosi yang akan terus membuat teh botol tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan. Terkesan Teh Botol merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang telah dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line secara intensif.

2. Targetting

Identifikasi target pasar adalah merupakan langkah awal yang dibutuhkan dalam perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran. Dalam situasi dimana konsumen menghadapi banyak pilihan, maka kesuksesan pemasaran produk akan banyak ditentukan oleh kesesuaian produk.

Target dari teh botol ini adalah yang menyukai rasa asli teh (non fruity) dan praktis, para supir atau pejalan kaki. Diberikanlah kemasan botol yang praktis dan disediakan di kios – kios yang ada di pinggir jalan. Jadi jika ada yang haus, ya tinggal minum sosro. Plus ditempatkan dalam boks es, sehingga menjadi dingin. Sosro memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan.

Pada waktu itu, strategi promosi yang dilakukan juga baik dengan menetapkan harga tidak lebih dari biaya parker pada waktu itu (mengingat target adalah orang yang sedang melakukan perjalanan). Pada waktu pengenalan produk, Sosro juga memiliki keunggulan kompetitif karena merupakan teh siap minum dalam kemasan botol yang dipasarkan pertama kali di Indonesia.

3. Positioning

Sosro melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum teh dalam kemasan botol dan dengan diasajikan dingin. Karena pada awal kemunculan produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk minum teh yang disajikan panas. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan Sosro membuahkan hasil baik, sehingga Sosro dikenal sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran.

Dalam perkembangannya, untuk bersaing dengan competitor Sosro mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat, karena  teh mengandung anti oksidan. Hal ini menambah keunggulan kompetitif dari Sosro.

2.4 Tanaman yang di tanam PT. Sinar Sosro           

*Tanaman Teh
Nama latin dari TEH adalah Camelia Sinensis (keluarga Camelia)
Pada umumnya, teh tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian antara 200-2000 meter diatas permukaan laut. Suhu cuaca antara 14-25 derajat celsius. Ketinggian tanaman dapat mencapai hingga 9 meter untuk Teh Cina dan Teh Jawa, ada yang berkisar antara 12-20 meter tingginya untuk tanaman Teh jenis Assamica.
Hingga saat ini, di seluruh dunia terdapat sekitar 1500 jenis teh yang berasal dari 25 negara.
Untuk mempermudah pemetikan daun-daun teh, maka pohon teh selalu dijaga pertumbuhannya, dengan cara selalu dipangkas sehingga ketinggannya tidak lebih dari 1 meter.
Dengan ketinggian ini, maka sangatlah mudah untuk memetik pucuk-pucuk daun muda yang baik.


2.5 Penghargaan yang diraih PT. Sinar Sosro

Sebagai bukti, SOSRO selalu menjaga 3K dan RL (Peduli terhadap KUALITAS, KEAMANAN, KESEHATAN, sertaRAMAH LINGKUNGAN), SOSRO mendapatkan penghargaan Sertifikat dan Award antara lain sebagai berikut :
SERTIFIKAT yang telah diterima PT. SINAR SOSRO :

ISO 9001 : 2008, yaitu sertifikat system management mutu untuk menjamin kualitas pengolahan dan hasil produk                                                                                           
SNI (Standar Nasional Indonesia), dikeluarkan oleh lembaga Sertifikasi Produk Departemen Perindustrian                                                                                                      
Halal, yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan & Kosmetika MUI) bekerjasama dengan Departemen Agama, BPPOM dan Balai POM Daerah untuk menjamin kehalalan bahan baku, proses dan produknya

ISO 14000, yaitu sertifikat system lingkungan untuk menjamin keamanan lingkungan                    
HACCP, yaitu sertifikat system management keamanan makanan untuk menjamin produk yang aman bagi konsumen.

Untuk Awarding yang telah diperoleh oleh PT. SINAR SOSRO diantaranya :

Piagam APKLI Award 2012 untuk “Bapak Joseph S. Sosrodjojo” untuk Jasa dan Kepedulian Dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima dari APKLI                        
Customer Satisfaction Award No. 1 untuk “TehBotol Sosro” Category Ready To Drink Tea Brand of The Year 2012 dari Roy Morgan Research.

Indonesia Best Brand Platinum Award 2010 untuk “TehBotol Sosro “ Category Non- carbonated Drink (2002-2010) dari SWA-MARS                                                     
Indonesia Best Brand Platinum Award 2010 untuk “TehBotol Sosro” Category Packaged Ready Drink (2006-2010) dari SWA-MARS                                                               
The Best Implementation of ISO 9001 Group untuk PT Sinar Sosro dari SUCOFINDO

The Best In Achieving Total Customer Satisfaction untuk “TehBotol Sosro” Category Ready-to-Drink Tea-Non Bottled dari SWA Sembada dan Frontier Consulting.         
Top Brand Award untuk “Fruit Tea Sosro Ready To Drink Tea- Non Bottled (Tetrapack)” dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting.                                              
Top Brand Award untuk “TehBotol Sosro for Ready To Drink Tea-Non Bottled (Tetrapack)” dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting .

The Most Powerful Distribution Performance 2009 untuk “Joy Tea”, In The Most Powerful Account Management Index Green Tea Ready to Drink Category untuk Brand Joy Tea.     
The 3rd Best of The Best Packaging Award untuk “TehBotol Sosro”,Category RGB Drink dari Indonesia Best Packaging Award 2009                                                        
The 2nd Best of The Best Packaging Award untuk “Fruit Tea Guava”, Category Ready To Drink Tea dari Indonesia Best Packaging Award 2009

The 2nd Best of The Best Packaging Award untuk “Country Choice Jus Apel”, Category Juice dari Indonesia Best Packaging Award 2009                                                        
Brand of Choice by Community 2009 untuk “TehBotol Sosro “dari Indonesia Consumunity Expo



BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dalam hal strategi pemasaran PT. Sinar Sosro memang sudah di akui dunia karna khas pemasaran nya yang unik, Sosro menerapkan metode on demand orientation sehingga walaupun permintaan konsumen akan besar, sehingga dengan margin yang kecil dikalikan dengan banyaknya volume penjualan yang mereka terima, maka keuntungan secara keseluruhan akan besar.



3.2 Saran
            Saran kami untuk PT. Sinar Sosro adalah untuk bisa memperluasakan dagangannya ke luar negeri. Hal ini melalui ekspor, waralaba, lisensi. Selain itu perusahaan ini juga harus membuat program sosial, misalkan beasiswa untuk yatim, fakir, miskin, dan siswa-siswi/mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di Indonesia


DAFTAR PUSTAKA
http://www.sosro.com/in/product
                                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar