Kata
Pengantar
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan
puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang
Pt.Sosro.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karna itu kami menerima semua kritik dan saran agar makalah ini dapat diperbaiki semaksimal mungkin.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karna itu kami menerima semua kritik dan saran agar makalah ini dapat diperbaiki semaksimal mungkin.
Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan dan juga dapat memberikan inspirasi untuk pembaca.
Jakarta, 13 April 2016
Penyusun, Prasetyo Utomo
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Manfaat dan Tujuan
Makalah.
BAB II PEMBAHASAN
2.1.Sejarah Perusahaan
2.2 Jenis Produk
2.3 Strategi Pemasaran
2.4 Tanaman yang di tanam
PT. Sinar Sosro
2.5 Penghargaan yang
diraih PT.Sinar Sosro
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
1.1 Latar Belakang
PT. Sinar Sosro merupakan salah
satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai
produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku
utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro
merupakan produk teh yang siap minum pertama di Indonesia yang dikemas dalam
botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas.
Persaingan yang begitu
ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran.
Berdasarkan data PT. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam kemasan botol
yang beredar di Indonesia, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Joy Tea, TEBS,
S-tee, Fres Tea, Tekita . Selain itu,
ada produk pendamping lainnya yaitu Happy Jus dan Air Minum Mineral Prim-A.
Sosro melakukan
positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh meminum teh
dalam kemasan botol dan dengan disajikan dingin. Karena pada awal kemunculan
produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk meminum teh yang disajikan
panas. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan sosro membuahkan hasil baik,
sehingga sosro di kenal sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat
memberikan kesegaran. Dalam perkembanganya untuk bersaing dengan kompetitor
sosro mulai melakukan kampanye bahwa
dengan mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat, karena teh
mengandung anti oksidan hal ini menambah keunggulan kompetitif dari sosro.
1.2 Tujuan dan Manfaat makalah
Tujuan :
Untuk mengetahui sejarah
Perusahaan
Untuk mengetahui ragam
jenis produk PT. Sinar Sosro
Untuk mengetahui strategi
yang digunakan dalam perusahaan Sosro
Untuk mengetahui tanaman
apa saja yang di tanam di Pt.Sinar Sosro
Mengetahui penghargaan
yang di raih Pt.Sinar Sosro
Manfaat nya :
Mengetahui produk andalan
dari PT.sinar sosro
Mengetahui manfaat isi
dari tanaman yang di tanam Pt.Sinar Sosro
Mengetahui apa saja yang
telah di raih Pt.Sinar Sosro
Mengetahui cara
pemasaraan dari Pt.Sinar Sosro
Mengetahui sejarah dari
Pt.Sinar sosro
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah PT. Sinar
Sosro
Lahirnya Teh botol Sosro
Keluarga Sosrodjojo memulai bisnisnya pada tahun 1940 di kota Slawi, Jawa
Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh merek “Teh Cap Botol”.
Tahun 1965, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah
ke Jakarta dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa
pasar di Jakarta.
Awalnya, datang ke pasar-pasar dengan cara memasak dan menyeduh teh
langsung di tempat. Setelah siap, seduhan teh tersebut langsung dibagikan
kepada orang-orang yang ada di pasar. Namun cara ini kurang berhasil karena teh
yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama
sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.
Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan
kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa kepasar dengan menggunakan
mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa
tumpah selama perjalanan dari kantor ke pasar karena pada saat tersebut jalanan
di Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.
Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh dan dikemas
kedalam botol yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat
pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu
menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya.
Tahun 1969, diputuskan untukmenjual minuman tehdalam kemasan botol secara
massal dengan nama Tehbotol Sosro. Nama “Tehbotol” diambil dari tehseduh merek
”TehCap Botol”, yang saat itu sudah mulai terkenal di Jakarta dan ”Sosro” dari
nama keluarga pendirinya yakni ”Sosrodjojo”
2.2 Jenis Produk
-Tehbotol Sosro
Produk unggulan PT. Sinar
Sosro adalah Tehbotol Sosro kemasan botol beling atau sering disebut RGB (
Returnable Glass Bottle) merupakan produk Teh siap minum yang pertama di
Indonesia dan di Dunia yang sudah diluncurkan sejak tahun 1969.
Untuk memenuhi kebutuhan pecintanya dimanapun
berada, Tehbotol Sosro dengan inovasinya sampai dengan tahun 2015 ini telah
memiliki banyak pilihan kemasan produk
yaitu :
1. Kemasan botol beling, volume 220 ml
2. Kemasan kotak (Tetra Pak), volume 200
ml, 250 ml
3. Kemasan botol plastik PET 450 ml dan 350
ml
4. Kemasan pouch 230 m
-Fruit Tea Sosro
Dengan bertujuan untuk
pengembangan produk, maka PT. Sinar Sosro pada tahun 1997 mengeluarkan produk
minuman Teh dengan aneka rasa buah yaitu Fruit Tea Sosro dengan target segmen
Remaja.
Fruit Tea Sosro dengan
tagline “Banyak Sensasinya” hadir dalam berbagai rasa seperti :
1.
Apel
2. Blackcurrant
3. Stroberi
4. Jambu Klutuk
5. Freeze (perpaduan rasa stroberi dan
anggur sensasi dingin)
6. Extreme (perpaduan rasa apel dan
blackcurrant)
Fruit Tea Sosro hadir
dalam berbagai jenis kemasan yaitu :
1. Kemasan botol beling, volume 235 ml
2. Kemasan genggam (Tetra Pak), volume 200
ml
3. Kemasan kaleng (Can), volume 318 ml
4. Kemasan botol plastic PET, volume 500 ml
dan 350 ml
5. Kemasan pouch, volume 230 ml
-S Tee
Pada tahun 90-an, untuk
memenuhi kebutuhan konsumen terhadap produk teh dengan volume yang lebih banyak
dan harga lebih terjangkau, maka PT. Sinar Sosro meluncurkan produk teh siap
minum dalam kemasan botol beling dengan merk S-tee dengan volume 318 ml.
Dalam perkembangannya,
sampai dengan tahun 2015 ini, S-Tee
hadir dalam berbagai kemasan yaitu :
1. Kemasan botol beling, volume 318 ml dan
234 ml
2. Kemasan kotak (Tetra Pak), volume 330 ml
3. Kemasan botol plastik PET 500 ml dan 350
ml
Berbagai kemasan S-Tee
tersebut, tidak seluruhnya dipasarkan di seluruh kota di Indonesia, cakupan
distribusi masing-masing kemasan berbeda-beda. Khusus untuk S-Tee kemasan botol
plastic PET 500 ml hanya bisa didapatkan di seluruh modern outlet seluruh
Indonesia.
Country Choice
PT. Sinar Sosro juga
menghadirkan produk dalam kategori Jus pada akhir tahun 2008 dengan merek
Country Choice.
Country Choice merupakan
minuman real jus kaya manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda,
dengan cara yang praktis dan hemat.
Country Choice hadir
dalam kemasan kotak ( Tetra Pak) yaitu volume 250 ml dan 1 Liter
Country Choice tersedia
dengan varian rasa dimana masing-masing rasa memiliki “added nutrition value”
yang khas.
-Happy Jus
Untuk kategori minuman
Jus untuk segmen anak-anak, PT. Sinar Sosro menghadirkan produk Happy Jus yang keluarkan
pada awal tahun 2005.
Happy Jus hadir dalam
kemasan genggam (Tetra Pak), volume 200 ml, tersedia dalam rasa Apel, Jeruk,
Anggur, Cherry B, Apple Berry.
Happy Jus kaya akan
vitamin A, C, E dan Kalsium (kandungan yang paling banyak diantara produk
minuman Jus anak lainnya) dengan rasa yang enak dan variasi buah yang unik
membuat Happy Jus disukai oleh anak-anak.
-TEBS
PT. Sinar Sosro
berinovasi lagi dengan mengembangkan minuman teh berkarbonasi dengan merk TEBS
yang di keluarkan pada tahun 2004.
Keunggulan TEBS dibanding
dengan minuman bersoda lainnya adalah TEBS berbahan baku Ekstrak Teh, Ekstrak
Rosella serta Konsentrat Sari Buah. Dimana masing-masing- bahan baku tersebut
mempunya manfaat untuk tubuh.
TEBS Regular diproduksi
dengan bahan baku yaitu Ekstrak Teh Hitam dicampur dengan konsentrat buah.
Sedangkan TEBS Maroon yang dikeluarkan pada tahun 2011 berbahan baku Teh Hitam
dengan Ekstrak Bunga Rosella.
TEBS hadir dalam berbagai
kemasan yaitu :
1. Kemasan botol beling, volume 230 ml
2. Kemasan kaleng ( Can), volume 330 ml
3. Kemasan botol plastic PET, volume 500 ml
Untuk kamu yang ingin
menikmati TEBS MAROON hanya ada di kemasan 500 ml saja.
-Air Mineral Prim-a
Pada tahun 90-an, PT.
Sinar Sosro memproduksi kategori air minum dalam kemasan yaitu dengan merk
Prim-a.
Pada saat pertama kali
dikeluarkan merknya yaitu Air Sosro. Pada tahun 1999, Air Sosro berganti nama
menjadi Prim-a.
Prim-a hadir dalam berbagai kemasan yaitu :
1. Kemasan cup, volume 240 ml
2. Kemasan botol, volume 330, 600, 1500 ml
3. Kemasan gallon, volume 19 Liter
-Creso
Tahun 2014, PT. Sinar
Sosro mengeluarkan kembali produk kategori Soda atau biasa disebut Carbonated
Soft Drink dengan Merek Creso.
Creso adalah Minuman Soda
dengan rasa “UNIK” yang menyegarkan, memberikan kesegaran yang berbeda untuk
anak muda yang tetap optimis dalam keseharian.
Creso hadir dalam 3
varian rasa yaitu :
1. Kopi
2. Sarsaparila
3. Kelapa
Dalam kemasan botol plastic PET 400 ml.
-Teh Freso
Tahun 2014, PT. Sinar
Sosro mengeluarkan produk minuman teh dalam kemasan gelas dengan merek Teh
Freso.
Teh Freso dalam kemasan
Cup 240 ml.
Minuman teh beraroma
melati ini dipasarkan di beberapa wilayah sub urban di Jawa dan Bali.
Teh Freso, minuman
berbahan dasar teh yang alami dan menyegarkan, dapat dijadikan sebagai pelepas
dahaga di momen kebersamaan.
2.3 Strategi Pemasaran
MARKET DRIVEN STRATEGY SOSRO
Dasar pemikiran utama yang penting dalam market driven
strategy adalah menjadikan pasar dan konsumen sebagai titik awal dalam
memformulasikan strategi.
PT. Sinar Sosro pada awalnya memperkenalkan minuman
siap saji dalam kemasan botol, Sosro memiliki target pasar yang jelas, dengan
target orang yang sedang melakukan perjalanan . Sosro memandang bahwa ketika
orang sedang melakukan perjalanan dan ia kehausan pasti membutuhkan sebuah
penghilang dahaga yang praktis dan mudah di dapat, berangkat dari pengalaman ketika
melakukan promo, tempat yang praktis dan aman untuk digunakan sebagai wadah teh
adalah botol.
Sosro juga memiliki keunggulan dan keunikan dalam
pemasaran. sebelum sosro hadir, ada sebuah perusahaan asing yang ingin
mengeluarkan produk teh dalam botol sepert i yang dilakukan sosro saat ini.
Kala itu sang perusahaan menyewa jasa sebuah biro riset pemasaran untuk menguji
kelayakan dan prospek produk tersebut di Indonesia. Setelah meneliti dan
mengamati kebiasaan minum teh di masyarakat sang biro pun menyimpulkan bahwa
produk ini tidak memiliki prospek bagus untuk dipasarkan di Indonesia. Biro itu
beralasan bahwa budaya minum teh pada bangsa Indonesia umumnya dilakukan pagi
hari dalam cangkir dan disajikan hangat sehingga kehadiran teh dalam kemasan botol
justru akan dianggap sebuah keanehan.
Sosrodjojo, pendiri perusahaan sosro, justru berpikir
sebaliknya. Awalnya ide kemasan botol berasal dari pengalaman tes cicip (on
place test) di pasar-pasar tradisional terhadap teh tubruk cap botol. Pada
demonstrasi pertama teh langsung diseduh di tempat dan disajikan pada calon
konsumen yang menyaksikan. Namun cara tersebut memakan waktu lama sehingga
calon konsumen cenderung meninggalkan tempat. Kemudian pada uji berikutnya teh
telah diseduh dari pabrik dan kemudian dimasukkan ke dalam tong-tong dan dibawa
dengan mobil. Akan tetapu cara ini ternyata membuat banyak teh tumpah selama
perjalanan karena saat itu struktur jalan belum sebaik sekarang. Akhirnya sosro
mencoba untuk memasukkannya pada kemasan-kemasan botol limun agar mudah dibawa.
Berangkat dari itu merekaberpikir bahwa penggunaan kemasan botol adalah
alternatif yang paling praktis dalam menghadirkan kenikmatan teh lansung ke
konsumen.
Dari awal produk ini ditargetkan untuk konsumen yang
sering melakukan perjalanan seperti supir dan pejalan kaki sosro . Sosro
menyadari bahwa segmen konsumen ini memiliki keinginan hadirnya minuman yang
dapat menghilangkan dahaga di tengah kelelahan dan kondisi panas selama
perjalanan. Atribut kepuasan ini dicoba untuk dipenuhi dengan menghadirkan
minuman teh dalam kemasan botol yang praktis dan tersedia di kios-kios
sepanjang jalan. Untuk menambah nilai kepuasan teh botol ini disajikan dingin
dengan menyediakan boks-boks es pada titik-titik penjualannya (penggunaan
kulkas pada saat itu belum lazim).
SOSRO selalu menjaga kualitas produknya dan selalu
menjaga ketersediaan produknya dipasaran, Bahan bakunya pun dari teh yang
berkualitas pilihan, karena sosro memiliki perkebunan teh sendiri. Semenjak
diluncurkan pada tahun 1970, produk teh botol sosro baik rasa, kemasan logo
maupun penampilan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan ketika
perusahaan multinational Pepsi dan Coca cola masuk melalui produk teh Tekita
dan Frestea, Sosro tetap tak bergeming. Alih-alih merubah produknya, dengan
cerdas sosro justru melakukan counter branding dengan mengeluarkan produk S-tee
dengan volume yang lebih besar. Strategi ini ternyata lebih tepat, kedua
perusahaan multinasional itu pun tak berhasil berbuat banyak untuk merebut hati
konsumen Indonesia.
Strategi pemasaran meliputi Segmentasi Produk,
targeting, positioning
1.Segmentasi Produk
PT. Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan yang
bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai macam produk dengan
menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya, dimana salah
satu produknya adalah Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh
siap minum pertama di Indonesia yang di kemas dalam botol dan telah dikenal
oleh masyarakat luas.
Persaingan yang begitu ketat dari banyaknya teh dalam
kemasan botol yang beredar di pasaran. Berdasarkan data pada PT. Sinar Sosro
terdapat tujuh merek teh dalam kemasan botol yang beredar di Indonesia, yaitu
Teh Botol Sosro, Fruit Tea, TEBS, S-tee, Frestea, Tekita.
PT. Sinar Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai
saingan produk minuman ringan yang tidak hanya dari pesaing lokal, namun juga
pesaing asing. Persaingan berbagai merek teh dalam kemasan botol membuat
perusahaan lebih berhati – hati dalam merancang strategi pemasarannya.
Perusahaan akan berhasil memperoleh pelanggan dalam
jumlah yang banyak apabila dinilai memiliki citra baik dalam benak konsumen.
Terciptanya citra baik dalam benak konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan
yang dapat memberikan beberapa manfaat.
Keberhasilan Sosro tidak lepas dari brand “teh botol”
yang didapatkannya, persis seperti aqua menjadi brand pada air putih.
Berikutnya Sosro semakin kuat karena jaringan distribusi Teh Botol yang sangat
kuat sampai di titik akhir pelosok. Persis seperti Aqua dengan air putihnya,
pemain lain terlambat masuk di segmen teh dalam botol, karena menganggap lalu
ide air teh masuk dalam botol.
Yang masih kurang dari Teh Botol adalah upaya – upaya
mempertahankan image secara above the line. Upaya iklan di media massa, event,
maupun promosi yang akan terus membuat teh botol tertancap di kepala konsumen
masih jarang dilakukan. Terkesan Teh Botol merasa sudah besar dan yakin dengan
penetrasi produk yang telah dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan
promosi above the line secara intensif.
2. Targetting
Identifikasi target pasar adalah merupakan langkah
awal yang dibutuhkan dalam perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran.
Dalam situasi dimana konsumen menghadapi banyak pilihan, maka kesuksesan
pemasaran produk akan banyak ditentukan oleh kesesuaian produk.
Target dari teh botol ini adalah yang menyukai rasa
asli teh (non fruity) dan praktis, para supir atau pejalan kaki. Diberikanlah
kemasan botol yang praktis dan disediakan di kios – kios yang ada di pinggir
jalan. Jadi jika ada yang haus, ya tinggal minum sosro. Plus ditempatkan dalam
boks es, sehingga menjadi dingin. Sosro memiliki target pasar yang jelas,
dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan.
Pada waktu itu, strategi promosi yang dilakukan juga
baik dengan menetapkan harga tidak lebih dari biaya parker pada waktu itu
(mengingat target adalah orang yang sedang melakukan perjalanan). Pada waktu
pengenalan produk, Sosro juga memiliki keunggulan kompetitif karena merupakan
teh siap minum dalam kemasan botol yang dipasarkan pertama kali di Indonesia.
3. Positioning
Sosro melakukan positioning dengan mengedukasi
masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum teh dalam kemasan botol dan
dengan diasajikan dingin. Karena pada awal kemunculan produk, masyarakat
Indonesia masih terbiasa untuk minum teh yang disajikan panas. Ternyata proses
diferensiasi yang dilakukan Sosro membuahkan hasil baik, sehingga Sosro dikenal
sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran.
Dalam perkembangannya, untuk bersaing dengan
competitor Sosro mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengkonsumsi teh akan
membuat tubuh menjadi sehat, karena teh
mengandung anti oksidan. Hal ini menambah keunggulan kompetitif dari Sosro.
2.4 Tanaman yang di tanam PT. Sinar Sosro
*Tanaman Teh
Nama latin dari TEH adalah Camelia Sinensis (keluarga Camelia)
Pada umumnya, teh tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian antara
200-2000 meter diatas permukaan laut. Suhu cuaca antara 14-25 derajat celsius.
Ketinggian tanaman dapat mencapai hingga 9 meter untuk Teh Cina dan Teh Jawa,
ada yang berkisar antara 12-20 meter tingginya untuk tanaman Teh jenis
Assamica.
Hingga saat ini, di seluruh dunia terdapat sekitar 1500 jenis teh yang
berasal dari 25 negara.
Untuk mempermudah pemetikan daun-daun teh, maka pohon teh selalu dijaga
pertumbuhannya, dengan cara selalu dipangkas sehingga ketinggannya tidak lebih
dari 1 meter.
Dengan ketinggian ini, maka sangatlah mudah untuk memetik pucuk-pucuk
daun muda yang baik.
2.5 Penghargaan yang diraih PT. Sinar Sosro
Sebagai bukti, SOSRO selalu menjaga 3K dan RL (Peduli terhadap KUALITAS,
KEAMANAN, KESEHATAN, sertaRAMAH LINGKUNGAN), SOSRO mendapatkan penghargaan
Sertifikat dan Award antara lain sebagai berikut :
SERTIFIKAT yang telah diterima PT. SINAR SOSRO :
ISO 9001 : 2008, yaitu sertifikat system management mutu untuk menjamin
kualitas pengolahan dan hasil produk
SNI (Standar Nasional Indonesia), dikeluarkan oleh lembaga Sertifikasi
Produk Departemen Perindustrian
Halal, yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan,
Obat-obatan & Kosmetika MUI) bekerjasama dengan Departemen Agama, BPPOM dan
Balai POM Daerah untuk menjamin kehalalan bahan baku, proses dan produknya
ISO 14000, yaitu sertifikat system lingkungan untuk menjamin keamanan
lingkungan
HACCP, yaitu sertifikat system management keamanan makanan untuk
menjamin produk yang aman bagi konsumen.
Untuk Awarding yang telah diperoleh oleh PT. SINAR SOSRO diantaranya :
Piagam APKLI Award 2012 untuk “Bapak Joseph S. Sosrodjojo” untuk Jasa
dan Kepedulian Dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima dari APKLI
Customer Satisfaction Award No. 1 untuk “TehBotol Sosro” Category Ready
To Drink Tea Brand of The Year 2012 dari Roy Morgan Research.
Indonesia Best Brand Platinum Award 2010 untuk “TehBotol Sosro “
Category Non- carbonated Drink (2002-2010) dari SWA-MARS
Indonesia Best Brand Platinum Award 2010 untuk “TehBotol Sosro” Category
Packaged Ready Drink (2006-2010) dari SWA-MARS
The Best Implementation of ISO 9001 Group untuk PT Sinar Sosro dari
SUCOFINDO
The Best In Achieving Total Customer Satisfaction untuk “TehBotol Sosro”
Category Ready-to-Drink Tea-Non Bottled dari SWA Sembada dan Frontier
Consulting.
Top Brand Award untuk “Fruit Tea Sosro Ready To Drink Tea- Non Bottled
(Tetrapack)” dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting.
Top Brand Award untuk “TehBotol Sosro for Ready To Drink Tea-Non Bottled
(Tetrapack)” dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting .
The Most Powerful Distribution Performance 2009 untuk “Joy Tea”, In The
Most Powerful Account Management Index Green Tea Ready to Drink Category untuk
Brand Joy Tea.
The 3rd Best of The Best Packaging Award untuk “TehBotol Sosro”,Category
RGB Drink dari Indonesia Best Packaging Award 2009
The 2nd Best of The Best Packaging Award untuk “Fruit Tea Guava”,
Category Ready To Drink Tea dari Indonesia Best Packaging Award 2009
The 2nd Best of The Best Packaging Award untuk “Country Choice Jus
Apel”, Category Juice dari Indonesia Best Packaging Award 2009
Brand of Choice by Community 2009 untuk “TehBotol Sosro “dari Indonesia
Consumunity Expo
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dalam hal strategi
pemasaran PT. Sinar Sosro memang sudah di akui dunia karna khas pemasaran nya
yang unik, Sosro menerapkan metode on demand orientation sehingga walaupun
permintaan konsumen akan besar, sehingga dengan margin yang kecil dikalikan
dengan banyaknya volume penjualan yang mereka terima, maka keuntungan secara
keseluruhan akan besar.
3.2 Saran
Saran
kami untuk PT. Sinar Sosro adalah untuk bisa memperluasakan dagangannya ke luar
negeri. Hal ini melalui ekspor, waralaba, lisensi. Selain itu perusahaan ini
juga harus membuat program sosial, misalkan beasiswa untuk yatim, fakir,
miskin, dan siswa-siswi/mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di Indonesia
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.sosro.com/in/product
Tidak ada komentar:
Posting Komentar