Profile
Nama Perusahaan : PT Telekomukasi Selular
Jenis : Non publik
Industri/Jasa : Operator
Komunikasi Seluler
Didirikan : 26 Mei 1995
Kantor pusat : Jakarta,
Indonesia
Tokoh penting : Ririek
Adriansyah (direktur utama)
Produk : kartu Halo, simpati,
kartu As, loop, kartu facebook, kartu prima, telkomsel flash.
Induk : Telkom Indonesia
Singtel
Situs web :
www.telkomsel.co.id
SEJARAH
Pada tahun 1993 PT Telkomsel mulai
merambah teknologi nirkabel GSM, di tahun selanjutnya, pada 1994 PT Satelit palapa indonesia operator jaringan GSM pertama di Indonesia yang
mengeluarkan kartu SIM muncul. PT Telkomsel kemudian didirikan bersama Indosat
pada tahun 1995 dan meluncurkan kartu Halo pada tanggal 26 Mei 1995 sebagai layanan paska
bayar.
Pada tahun 2015 Saham Telkomsel dimiliki oleh Telkomsel indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh Singtel sebesar
35%.
Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan
139,3 juta pelanggan per 31 Desember 2014 dan pangsa pasar
sebesar 51% per 1 Januari 2007. Jaringan Telkomsel
telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155
negara pada akhir tahun 2007.
Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai
lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011.
Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama
di Indonesia. Layanan Telkomsel 4G LTE memiliki kecepatan data access mencapai
36 Mbps.
Saat ini Telkomsel menggelar lebih dari 100.000 BTS yang menjangkau sekitar
98% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular nomor 6 terbesar di
dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri
telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 143 juta
pelanggan pada tahun 2015-2016. Dalam upaya memandu perkembangan industri
telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband,
Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA,
HSPA+, serta pengembangan jaringan Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel
mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu
pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam
dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1.800 MHz.
Produk
dan Layanan Telkomsel
Produk Telkomsel
Saat ini, Telkomsel mempunyai beberapa produk, yaitu:
· kartuhalo
· Simpati
· Kartu As
· Kartu As Flexi merupakan
gabungan dari operator prabayar Flexi yang akan
ditutup dan semua pelanggan prabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
· KartuHalo Flexi merupakan
gabungan dari operator pascabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan
pascabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
· Telkomsel Flash
· Kartu Facebook
· simPATI LOOP
· Kartu LOOP
Program dan Layanan Telkomsel
Saat ini, Telkomsel mempunyai beberapa program dan layanan, yaitu:
·
Telkomsel Poin
Program TELKOMSELpoin merupakan program loyalitas
pelanggan yang ditujukkan untuk seluruh pelanggan TELKOMSEL. Pelanggan dapat
mulai mendapatkan TelkomselPoin setelah mengisi pulsa minimal Rp. 50.000,-
dalam satu bulan. Setiap pengisian pulsa berikutnya sebesar Rp. 5.000,- akan
mendapatkan 1 poin (untuk simPATI dan Kartu AS) dan 2 poin (untuk KartuHalo),
berlaku kelipatan.
Pelanggan Telkomsel dapat menukar poin yang dimiliki
dengan berbagai program yang ditawarkan call ke UMB *700# atau call center 133
untuk postpaid dan 155 untuk prepaid.
Bukan cuma hadiah pilihan yang bisa dimenangkan, poin
juga dapat ditukar dengan hadiah langsung berupa gratis pulsa, gratis SMS, dan merchandise menarik,
atau diskon di ratusan merchant TELKOMSEL dan dapat
diikutsertakan pada program lelang TELKOMSEL POIN. Untuk pengecekan pemenang
via SMS dengan ketik WIN kirim ke 777. SMS ke 777 dikenakan tarif normal.
·
HSPA+
Mulai September 2009, Telkomsel menambah
layanan HSPA+ (High-Speed Packet Access) dengan kecepatan akses hingga
21 Mbps yang rencananya akan diterapkan di 24 kota di Indonesia hingga akhir
tahun 2010. Sayangnya, realisasinya belum berjalan maksimal sehingga sebagian
besar penggunanya hanya mendapatkan akses kurang dari 64 Kbps.
·
GraPARI
GraPARI adalah akronim dari Graha
Pari Sraya yang dijadikan nama pusat layanan pelanggan Telkomsel.
Nama tersebut berasal dari bahasa Sansekerta yang diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubowono X sebagai
tanda penghargaan atas diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Yogyakarta.
Sejak saat itu, seluruh pusat layanan pelanggan Telkomsel ditetapkan dengan
nama GraPARI Telkomsel.
Selain bertindak sebagai pusat layanan pelanggan yang
memfokuskan diri untuk melayani para pelanggannya, GraPARI juga menyediakan
penjualan produk sendiri seperti kartuHALO dan simPATIGraPARI tidak menjual
perangkat telepon seluler kecuali apabila ada
kebijaksanaan tertentu untuk menjual dalam bentuk paket produk Telkomsel yang
tidak selalu dilakukan. Bila ada pelanggan yang ingin membeli perangkat telepon
selular terpisah dari produk Telkomsel, maka GraPARI akan menyarankan untuk
mendapatkannya di dealer resmi, toko eksklusif, maupun ritel yang telah bekerja
sama dengan Telkomsel.







Tidak ada komentar:
Posting Komentar